Jumat, 05 Januari 2018

Tips Touring



Hi, guys. Ketemu saya lagi. Kali ini saya mau emberikan tips sekaligus berbagi cerita tentang pengalaman touring saya, terutama touring beberapa hari yang lalu yang membuat saya memodifikasi sein saya di artikel saya sebelumnya. Jika belum membaca saya persilakan dan saya harapkan untuk dibaca, hehe.

Oke, yang pertama saya mau membahas tentang peralatan, baik safety maupun perlengkapan bawaan, seperti obat-obatan, pakaian, makanan, dan lain sebagainya. Untuk safety sendiri sebaiknya memakai protector siku dan lutut, helm (disarankan memakai fullface), jaket, sepatu, dan sarung tangan. Mengapa saya sarankan memakai full face, karena berdasarkan pengalaman saya saat touring terjatuh di kecepatan hampir 100Km/h itu menghasilkan dorongan dari sepeda motor yang sangat kencang, dan untungnya saat memakai helm full face ialah dagu kita aman saat terjatuh di kecepatan tinggi. Yang harus diperhatikan saat memakai helm  full face yaitu, jika memakai tas ransel yang besar, jangan sesekali menaruh/menggendong tas tersebut di depan badan kita, terutama saat menunggangi motor bertangki didepan. Karena akan mengganggu pandangan kita yang menyebabkan bagian bawah helm akan membentur bagian atas tas kita, sehingga pandangan kita jadi kurang leluasa,  tidak dapat memandang jauh kebawah atau bahkan menganggukkan kepala kita yang akan membahayakan pengendara. Tak kalah pentingnya sarung tangan, yang akan melindungi tangan kita saat terjadi benturan atau sentuhan benda tajam. Perlengkapan bawaan jangan sampai membuat perjalanan terganggu, misal membawa pakaian/makanan terlalu banyak yang membuat tas terlalu berat dan membuat perjalanan kia tidak nyaman. Yang penting jas hujan beserta sandal untuk antisipasi jika turun hujan selama perjalanan.

Yang kedua yaitu tentang kesiapan motor. Terutama surat kendaraan jangan sampai lupa. Kunci perlengkapan dibawa secukupnya, misalkan obeng, kunc pas ring, kunci busi sekalian busi cadangan, dan kunci L jika panel motor kita terdapat baut berkepala tipe L. Kesiapan motor kita juga harus diperhatikan, mulai dari tekanan ban, kualitas oli, dan pastikan sudah servce sebelum perjalanan touring. Jangan ragu untuk mengganti sparepart motor yang massanya harus diganti. Jangan terbiasa baru mengganti part setelah ada kejadian / setelah part itu benar-benar rusak, bahkan mati. Misalkan, baru mengganti busi setelah motor mati, karena busi tidak dapat memercikkan bunga api lagi. Yang tidak kalah penting yaitu selalu memantau jumlah bahan bakar kita, karena tidak selalu diperjalanan touring ada stasiun pengisian bahan bakar, terutama dimalam hari. Seperti halnya pengalaman saya saat touring matic di Gn. Kidul, yang hampir kehabisan bensin saat peralanan dari Malioboro menuju Gn. Kidul sekitar jam 23.30 yang ternyata pombensin disepanjang jalan tersebut hanya buka sampai dengan jam 22.00, untungnya ada penjual bensin eceran di pinggir jalan. Selain itu, selalu bawa chainlube bagi pengendara motor ber-rantai. Karena jika rantai terkena air, putaran atau pergerakan antar sambungan akan menjadi kasar, tegang, tidak licin kembali. Juga jangan melumasi rantai kita dengan oli, karena sama saja kita menyekur rantai kita yang selalu bergesekan setiap putaran roda kita.
Yang ketiga, jaga kondisi kita. Jangan memaksakan diri dengan ikut touring saat kondisi badan kita kurang sehat, sama halnya denga beristirahat jika dalam perjalanan kita merasa mengantuk, karena dapat membahayakan perjalanan kita.
Sekedar saran dari saya, jika rombongan kita banyak, disarankan memakai leader dan sweaper. Tujuan leader untuk memimpin perjalanan kita, dan  sweaper disini untuk selalu menjaga rombongan kita tetap utuh. Yaitu dengan cara mencarikan jalan untuk anggota lain, memberikan informasi kepada leader jika ada anggota yang tertinggal, maupun menginformasikan jika salah satu anggota yang memiliki kendala pada kendaraan, seperti harus mengisi bahan bakar, mogok, dll. Pengalaman tourig saya, selalu menggunakan leader dan 2 sweaper yang berada diposisi tengah dan belakang yang selalu berrotasi untuk menjaga keutuhan anggota, yang tentunya sudah ditentukan urutan sepeda motor dari awal briefing. Dan sweaper juga harus didukung dengan keaktifan para anggota melaporkan jika terdapat kendala diperjalanan touring agar tetap solid dan terjaga keutuhan rombongan. Juga jangan sekali-sekali berain handphone saat berkendara maupun di lampu lalulintas saat lampu merah sekalipun. Misalkan membaca maps, alangkah baiknya dibaca bagi anggota yang berboncengan, agar pengendara tetap fokus mengendarai sepeda motor. Jika membutuhkan sticklamp, gunakan sebaik mungkin, misal digunakan dimalam hari, dan jangan sampai sticklamp kita mengganggu pengendara lain. Selain menggunakan sein berkedip lebih cepat,  juga bisa dengan memodifikasi motor kita dengan memasang modul strobo hazard agar mudah dikenali rombongan, juga bermanfaat saat posisi macet dan kita mengambil lajur kanan bersama rombongan yang panjang. Dan lagi, saya menjadi ingin memasang modul tersebut dimotor saya, yang akan saya post di artikel saya selanjutnya setelah saya membeli modul tersebut.
Intinya, yang terpenting yaitu kesiapan baik fisik maupun perlengkapan, dengan mempersiapkan secara matang jauh sebelum hari H, untuk selama perjalanan yang terpenting ialah keutuhan, denga cara tetap kompak dan tetap solid. Selalu menjaga komunikasi antar anggota dan juga anggota yang kita bonceng selama diperjalanan. Mungkin hanya itu tips dari saya, jika ada masukan, dengan senang hati saya menerimanya. Terimakasih
Wassalamualaikum...
Tugas PTI
NIM : G.231.17.033

2 komentar:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  2. How to get to MGM National Harbor by Bus or Train from MGM National
    How to get to MGM National Harbor 김제 출장샵 by Bus or 김천 출장샵 Train from MGM National Harbor 수원 출장마사지 by Bus or Train from MGM National Harbor by Bus 논산 출장마사지 or Train from MGM National Harbor by Bus 제주 출장안마 or Train from MGM National Harbor

    BalasHapus